Bagaimana Konflik Iran-Amerika Mempengaruhi Bulutangkis Dunia

Hubungan Iran-Amerika Serikat memanas awal tahun ini. Komandan garda revolusi Iran, beserta sejumlah korban lainnya, tewas oleh serangan drone tentara Amerika Serikat. Walaupun negero paman Sam adalah negara superpower, kekuatan militer Iran pun tidak bisa diremehkan. Konflik Iran-Amerika ini potensial mengganggu keamanan kawasan, bahkan bisa saja mencapai skala global.


Terkait bulutangkis, Iran secara menyelenggarakan menyelenggarakan kejuaraan Fajr Badminton International Challenge. Ajang ini tahun lalu digunakan Indonesia untuk mematangkan pemain muda dan pemain pelapis. Di perhelatan sebelumnya pasangan ganda putra Adnan Maulana/Ghifari Anadaffa Prihardika dan ganda putri Nita Violina Marwah/Putri Syaikah sukses menjuarai edisi 2019.

Mendekati digelarnya turnamen ini 4-8 Februari mendatang, berbagai pertanyaan merebak. Belakangan ini ketegangan sepertinya agak mereda, tapi banyak otoritas bulutangkis di negara-negara anggota BWF tetap bersikap hati-hati. Agaknya ajang Fajr Badminton International Challenge 2020 ini akan sepi peminat.

BWF memantau situasi saat ini di Iran dan sekitarnya. Federasi bulutangkis dunia ini memaklumi negara-negara anggotanya yang memilih tidak mengirim atlet ke Iran. Memang keselamatan para atlet adalah prioritas.

Turnamen Fajr Badminton International Challenge sendiri sepertinya akan tetap berlangsung. Diperkirakan sejumlah negara akan memilih absen tahun ini. Level kompetisi di kompetisi tahun ini seharusnya akan menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ajang ini akan berlangsung hanya tiga bulan menjelang berakhirnya kualifikasi olimpiade. Menyikapi hal ini, BWF memutuskan untuk tidak menghitung perolehan poin di Fajr Badminton International Challenge di kualifikasi olimpiade. Dengan begitu atlet yamg datang ke Shiraz tidak bisa memanfaatkan level kompetisi yang rendah untuk mendulang poin kualifikasi olimpiade. Prestasi atlet di ajang ini tetap dihitung untuk kalkulasi ranking dunia.

Referensi:
https://news.detik.com/internasional/d-4845134/komandan-garda-revolusi-tewas-di-irak-iran-gelar-rapat-mendadak
https://bwfbadminton.com/results/3438/the-28th-iran-fajr-international-challenge-2019/podium
https://bwfbadminton.com/news-single/2020/01/21/bwf-decision-on-fajr-badminton-international-challenge/
https://1sgqjcnmlpiefl53qqubymau-wpengine.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/sites/2/2019/05/Rudal-Patriot.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gelar All England Kedua Bagi Praveen Jordan

Akhirnya Praveen/Melati kembali menjadi juara. Dua gelar di Denmark Open dan French Open 2019 sudah menunjukkan kalau mereka punya ku...