Tunggal Putri Myanmar Mengejar Olimpiade

Ada banyak pebulutangkis papan atas di Asia Tenggara, tapi tidak ada yang berasal dari Myanmar. Adalah wajar jika atlet bulutangkis Indonesia, Malaysia dan Thailand berjuang mencapai Olimpiade, karena banyak atlet bulutangkis negara-negara ini yang memiliki prestasi level dunia. Tidak demikian dengan Thet Htar Thuzar, tunggal putri Myanmar yang mengincar satu tempat di Olimpiade Tokyo 2020.


Peringkat Thet Htar Thuzar mungkin tidak mencukupi untuk tampil regular di ajang BWF World Tour. Dia lebih sering bermain di turnamen yang levelnya lebih rendah. Dari sinilah Thet TharThuzar berjuang mengumpulkan poin yang dibutuhkan untuk membawanya ke Tokyo.

Tahun lalu, tunggal putri Myanmar ini mencatatkan prestasi cukup mengesankan. Thet Htar Thuzar memborong gelar juara di Uganda International, Kenya International, Mauritius International, Benin International dan Cote d'Ivoire International 2019. Lima turnamen ini ada di kategori international series.

Semua prestasi itu membawanya ke peringkat 62 dunia, berdasarkan ranking tanggal 7 Januari 2020. Sekilas tidak cukup bagus untuk lolos ke Olimpiade, jika yang lolos adalah 32 pemain tunggal putri. Semua tunggal putri tentunya ingin lolos ke ajang besar empat tahunan ini.

Untungnya, peraturan kualifikasi Olimpiade menguntungkan Thet Htar Thuzar. Setiap negara maksimum hanya bisa meloloskan dua tunggal putri, itupun jika dua tunggal putri itu ada di 16 besar dunia. Untuk negara yang tidak punya tunggal putri di 16 besar dunia, maksimum hanya satu tunggal putri yang bisa lolos.

Tiga tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani dan Ruselli Hartawan semuanya punya peringkat lebih baik dari 
Thet Htar Thuzar. Tapi dilihat dari trend prestasi saat ini, hanya satu tunggal Indonesia Indonesia yang akan lolos. Dua yang lain harus tersingkir.

Hal serupa juga terjadi untuk negara kuat bulutangkis lain seperti China, Jepang,Thailand, Denmark atau Hongkong. Banyak pemain dari negara seperti ini punya peringkat diatas 
Thet Htar Thuzar tapi tak bisa lolos ke Olimpiade. Agaknya BWF memang ingin ada wakil sebanyak mungkin negara yang bisa hadir di Olimpiade Tokyo 2020.

Jika bisa mempertahankan prestasinya, 
Thet Htar Thuzar punya peluang besar untuk lolos ke Tokyo. Saat ini posisinya ada di peringkat 28 kualifikasi Olimpiade.




Referensi:

1. https://bwfbadminton.com/player/62385/thet-htar-thuzar/ranking-history/
2. https://bwfbadminton.com/player/62385/thet-htar-thuzar/tournament-results/?year=2019
3. https://bwfbadminton.com/rankings/2/bwf-world-rankings/7/women-s-singles/2020/2/?rows=100&page_no=1
4. https://cdn-asset.jawapos.com/wp-content/uploads/2019/04/Tokyo-Olympics_logo-640x394.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gelar All England Kedua Bagi Praveen Jordan

Akhirnya Praveen/Melati kembali menjadi juara. Dua gelar di Denmark Open dan French Open 2019 sudah menunjukkan kalau mereka punya ku...