Apakah Popularitas Bulutangkis Sebanding Dengan Sepakbola?

Sepakbola, bulutangkis dan bola voli adalah olahraga-olahraga paling populer di Indonesia. Mungkin semua orang Indonesia tahu hal ini, karena sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu. Pertanyaannya, adakah data empiris tentang hal ini? Apakah popularitas Bulutangkis di negeri ini sebanding dengan sepakbola?

Untuk level internasional, tentu saja sepakbola jauh lebih populer dari bulutangkis. Indikasinya, perhatikan bahwa Kento Momota, tunggal putra nomor 1 dunia, sepanjang karirnya menghasilkan 1.25 juta USD. Bandingkan dengan superstar sepakbola seperti Lionel Messi, yang bisa melewati nilai itu hanya dari gajinya selama tiga minggu.

Tentu saja beda halnya jika scope kita perkecil hanya di Indonesia. Bulutangkis adalah olahraga yang sudah membawa putra-putri Indonesia mencapai prestasi membanggakan di kancah internasional. Sementara sepakbola nasional walaupun sangat populer, relatif minim prestasi antar negara, untuk level Asia tenggara sekalipun.

Dalam artikel ini kita akan menggunakan google trends untuk membandingkan popularitas antara sepakbola dan bulutangkis. Di zaman serba online ini, tentu saja penggemar bulutangkis dan sepakbola sama-sama aktif menggunakan internet untuk mencari informasi. Google trends bisa menjadi sebuah indikasi untuk mengukur perbandingan popularitas kedua olahraga ini di Indonesia.


Gambar diatas merupakan screenshot dari hasil Google trends perbandingan sepakbola dan bulutangkis dalam dua bulan terakhir. Kalau diperhatikan dari nilai rata-rata, terlihat bahwa nilai rata-rata untuk sepakbola dan bulutangkis tidak jauh berbeda. Sepakbola memang sedikit lebih populer, tapi bulutangkis tidak jauh tertinggal.

Terlihat juga bahwa popularitas sepakbola cenderung stabil, sementara bulutangkis lebih fluktuatif. Alasannya, karena perhatian terhadap sepakbola memang konsisten dengan liga-liga Eropa yang menggelar pertandingan regular tiap pekan. Popularitas bulutangkis masih sangat dipengaruhi pada event besar yang sedang berlangsung.

Referensi:
https://bwfbadminton.com/rankings/2/bwf-world-rankings/6/men-s-singles/2020/8/?rows=25&page_no=1
https://www.goal.com/en/news/lionel-messi-net-worth-salary-contract-sponsors-charity/oo0qu9cail971no5jkcii7x3h
https://trends.google.com/trends/explore?geo=ID&q=bulutangkis,sepakbola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gelar All England Kedua Bagi Praveen Jordan

Akhirnya Praveen/Melati kembali menjadi juara. Dua gelar di Denmark Open dan French Open 2019 sudah menunjukkan kalau mereka punya ku...